Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Kepemimpinan Era 5.0 Untuk Generasi Milenial Perlu Dipersiapkan

Kepemimpinan Era 5.0 Seperti Apa?

Kepemimpinan Era 5.0 seperti apa? Era 5.0 yang mencakup persaingan digital dan teknologi yang tinggi.

Dalam menghadapi hal tersebut menjadi penting bagi mahasiswa IPB Cirebon. Era 5.0 generasi milenial akan menghadapi terkait akumulasi data yang melimpah dan perkembangan teknologi yang sangat pesat.  Akumulasi data yang melimpah dapat berdampak pada sulitnya memperoleh data yang akurat dan aktual serta banyak berita hoaks.  Kemunculan hoaks ini membuat kita harus mampu memilah berita dari sumber yang terpercaya dan faktual. Era 5.0 memberikan tantangan terbesar supaya kita bisa semakin kritis dan analisis informasi.

Lebih penting lagi mereka adalah generasi penerus kepemimpinan membawa pembaharuan. Faktanya, gagal memberikan kontribusi terbaik mereka, akibat salah asih, salah asuh dan salah asah maka tantangan era 5.0 tidak menghasilkan generasi yang tangguh.

Kepemimpinan di Era Digital adalah merupakan jawaban atas tantangan yang dihadapi para pimpinan saat ini. Tantangan tersebut pada hakikatnya sudah sangat sering menjadi bahan perbincangan bahkan telah menjadi isu penting bagi kelangsungan hidup sebuah korporasi.

Digital leadership memiliki peran kunci dan mengambil posisi terdepan dalam hal kepemimpinan di era digital. Kemampuan digital leadership memungkinkan seorang pemimpin untuk memanfaatkan teknologi dan data untuk memimpin sehingga memiliki sikap- sikap pemimpin berikut penting:

1.Pemimpin yang memecahkan masalah yang komplek.

2. Pemimpin yang mampu berpikir kritis dan kreatif dalam

3. Pemimpin yang memiliki kemampuan memanajemen manusia, bisa berkoordinasi dengan orang lain.

4. Pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional.

5. Pemimpin memiliki berorientasi mengedepankan pelayanan dan kemampuan negosiasi.

Dengan pemahaman era 5.0 sebagai solusi akan mendegradasi manusia dan karakter manusia.

Untuk itu mari kita sebagai generasi milenial terus mengimplementasikan sikap -sikap kepemimpinan seperti yang telah disebutkan diatas.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR