Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

SEHAT MENTAL ,YUK MAHASISWA IPB CIREBON!

Mahasiswa menjaga sehat mental itu penting loh ! Kali ini membahas kesehatan mental untuk mahasiswa IPB Cirebon. Terkait dengan masa pandemi menjadikan alasan besar bagi kebanyakan orang lebih sehat mental. Sebenarnya menjaga kesehatan mental bukan karena efek pandemik saja. Kesehatan mental merupakan tanggung jawab diri sendiri. Terkadang situasi memengaruhi kondisi mental setiap orang. Terlebih lagi saat ini mahasiswa menghadapi aturan new normal yang mendorong untuk beradaptasi cepat dengan kebiasaan baru.

Mahasiswa memiliki harapan lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan . Pada umumnya menyelesaikan jenjang kuliah S1 umumnya selesai dalam kurun waktu empat tahun. Lalu kegiatan hima atau tugas kuliah menjadikan terkadang stress .

CARA MENJAGA SEHAT MENTAL

Berikut adalah panduan umum supaya mahasiswa sehat mental:

1.Dirimu Yang Utama

Pernahkah sebagai mahasiswa berniat untuk belajar hal baru, membaca buku baru, atau belajar cara memainkan alat musik tertentu? Sekaranglah saatnya untuk melaksanakannya. Fokus pada diri sendiri dan mencari cara untuk memanfaatkan waktu tambahan yang kamu dapatkan adalah cara yang produktif untuk menjaga kesehatan diri kita.

2.Temukan cara berkomunikasi yang nyaman dengan teman

Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan teman di tengah kondisi social distancing. Kalian menggunakan media sosial sangat tepat. Mahasiswa mampu menyalurkan kreativitas.

3.Cemas adalah hal yang wajar

Berita- berita mengkhawatirkan di media terkadang membuat merasa cemas, kita tidak sendirian.

4.Hargai pada diri sendiri dan orang lain

Mahasiswa mengalami bullying dan pelecehan dikampus tanpa sadar. Justru, kita lah yang mesti mendorong mereka untuk mencari pertolongan dan dukungan dari teman atau orang dewasa.

5.Pahami perasaanmu

Kehilangan kesempatan untuk mengikuti acara-acara dengan teman kuliah, acara untuk menyalurkan hobi, atau pertandingan olahraga, adalah hal yang sangat mengecewakan. Jika mengalami perasaan yang menyakitkan, satu-satunya jalan keluar adalah berusaha melaluinya. Mari melanjutkan hidup dan tetap positif dan percaya semua baik yang terjadi.

Hal tersebut membuat para mahasiswa mencari berbagai cara untuk tetap dapat menyelesaikan kesehatan mental dalam perkuliahan. Maka dari itu mahasiswa memahami 5 tips agar tetap sehat mental selama masa perkuliahan dan lulus tepat waktu . Selain itu mahasiswa meningkatkan potensi diri dengan pelatihan life skill, komunikasi, dan leadership. Tetap sehat secara mental dan selalu bersukacita,

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR