Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

SEMINAR & WORSHOP KARYA TULIS ILMIAH DI IPB CIREBON

Seminar & Workshop Karya tulis ilmiah pada Sabtu (23/7) Himaseda IPB Cirebon mengadakan acara Webinar. Webinar Penelitian melalui luring dan daring dengan zoom cloud meeting pada hari minggu. Seminar ini menghadirkan pembicara Siti Sahronih ,M.Pd serta Mochamad Guntur, M.Pd.

Himaseda mengadakan seminar & workshop karya tulis ilmiah dengan tema “Masterpiece In Your World Of Writing”. Kampus memulai acara pada Pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

Siti Sahronih ,M.Pd selaku salah satu pembicara memberikan materi di awal. Beliau mengatakan prodi PGSD menginisasi acara ini. Seminar ini memberikan insight mengenai penelitian skripsi dan speksifik tentang jurnal. Sasaran webinar ini adalah mahasiswa PGSD yang harusnya semester 6 keatas, tetapi dominan yang ikut semester 2 , ada juga dari jurusan lain.

Mahasiswa yang menghadiri seminar ini ada 70 orang. Wakil Rektor Akademik , Metta Mariam, S.Kom., M.Pd. turut hadir untuk membuka acara. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa studi di kampus merupakan bagian penting sebuah pengalaman, baik akademik; non-akademik; persiapan masa depan; menjadi agen perubahan; belajar melakukan sesuatu, belajar bercita-cita secara bersama dalam bingkai perbedaan yang ada.

Mahasiswa antusias pada sesi pertama ini mendapatkan penjelasan mengenai penulisan skripsi. Pembicara memaparkan syarat- syarat dalam penulisan skripsi. Saat memberikan materi, beliau juga berbagi mengenai pengalamannya melakukan penelitian termasuk pengalaman saat sebagai mahasiswa S1 di Jember.

Pembicara kedua adalah Mochamad Guntur selaku Dosen Prodi PGSD sekaligus Kaprodi . Beliau membahas praktek dalam pembuatan skripsi itu sendiri.. Narasumber kedua membuka sesi dengan mengajak mahasiswa kembali memahami konsep penyuluhan dan membiasakan diri untuk berpikir lateral alih-alih berpikir kritis, terutama dalam membuat skripsi.

SEMINAR & WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH DI IPB CIREBON

Setelah kedua pembicara memaparkan materi pemaparan , acara berikutnya adalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan begitu banyak sehingga membuat keseruan tersendiri.

Pembuatan skrispi tentu mengalami banyak kendala ,namun saat menghadapinya tetap tenang.

Selain pertanyaan di atas, sesi diskusi berjalan dengan adanya beberapa pertanyaan dari mahasiswa. Pertanyaan akhir membahas adalah mengenai bagaimana caranya tetap kreatif & bombastis, agar tidak menyulitkan diri sendiri dalam pengerjaan skripsi.

Setelah selesai sesi tanya jawab, moderator mengembalikan acara kepada Master of Ceremony. Acara menjelang akhir ialah dengan menyerahkan sertifikat secara simbolis oleh, lalu diakhiri dengan Foto bersama.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR