Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

HEMAT ALA MAHASISWA IPB CIREBON

Hemat bagi mahasiswa yang kuliah atau uang saku yang minim, dengan mengatur uang saku bulanan menjadi hal yang biasa. Mahasiswa melakukan beragam cara demi bisa bertahan. Meskipun mahasiswa memiliki kebutuhan sangat beragam mulai dari makan, tempat tinggal, paket internet, hingga biaya fotocopy dan print tugas,hemat itu penting.

Mahasiswa mengidentikkan dengan kehidupan yang penuh gaya hidup apalagi jika uang kiriman orang tua yang terlambat. Bagaimanapun, menikmati masa-masa berkuliah menjadi satu fase penting yang menandai transisi menuju kehidupan yang sebenarnya. Cerdaslah mengatur keuangan dan hindari gaya hidup yang tidak penting.

Lantas, bagaimana cara menghemat uang bulanan ala mahasiswa IPB Cirebon? Yuk cek:

HEMAT ALA MAHASISWA IPB

1. Melakukan sebuah rencana

Mahasiswa memiliki budget kita tahu berapa uang yang kamu miliki serta pengeluaran. Sumber uang mahasiswa tidak hanya dari uang saku kiriman orang tua saja. Kamu memiliki kesempatan mempunyai uang sendiri dengan bekerja part-time ataupun menjadi tutor.

Mahasiswa perlu membuat daftar apa saja kebutuhan pokok.

2. Pilih Tempat Tinggal Dekat Kampus

Jika kamu cukup beruntung tinggal di lingkungan dekat kampus, kamu bisa menghemat uang transportasi. Setiap hari, kamu hanya perlu berjalan kaki menuju kampus ataupun mengendarai sepeda.

Kalaupun kamu tinggal sedikit jauh dari kampus, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum. Jika kamu tetap memerlukan kendaraan pribadi, motor pun sudah lebih dari cukup.

3. Menggunakan metode 50/30/20

Mahasiswa menggunakan metode keuangan 50% untuk transportasi 30% uang jajan boleh kamu pakai untuk hiburan, 20% untuk menabung.

4. Memilih tempat makan dengan Harga Terjangkau

Mahasiswa menggunakan uang untuk makan sehari-hari jelas tidak sedikit. Untuk tips makan hemat ala mahasiswa, pilihlah tempat makan yang menawarkan menu dengan harga sesuai kantongmu.

5. Membuat daftar kebutuhan harian atau bulan

Mahasiswa membelanjakan uang jajan dengan membuat list kebutuhan harian atau bulanan. Pentingnya mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan dan tidak.

6.Mengurangi kegiatan nongkrong yang tidak berguna

Ayo memulai kurangi nongkrong yang sering menghabiskan uang itu. Sekali nongkrong kamu bisa menghabiskan uang lumayan. Jika sering kamu akan kehabisan uang lebih cepat.

7.Mengurangi ikut tren kekinian

Meskipun kita mencoba tahan diri kemudian bisa hemat , jika tergoda dengan tren handphone, baju atau lainya. Maka membuat kita bisa boros.

Demikian tips hemat yang bisa diterapkan ala mahasiswa . Semoga berguna untuk kalian, ya. Beli rambutan bersama kekasih, cukup sekian dan terima kasih.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR