Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

BELAJAR SPEAKING ITU MUDAH?

Belajar speaking merupakan hal yang menjadi keluhan banyak sekali mahasiswa atau siswa. Tentunya, kita menyebutkan banyak kendala apa saja dalam speaking dalam Inggris.

Mahasiswa berusaha meningkatkan skill speaking Inggris sebenarnya bukanlah hal yang susah. Meskipun kita tidak fasih tetapi jika kita mau terus berlatih secara rutin dan konsisten pasti bisa.

Inggris menjadi bahasa internasional yang wajib kita pahami. Nah,Mahasiswa IPB Cirebon yang tentunya semua jurusannya dibekali bahasa Inggris tentunya tidak takut dalam berbicara bukan?

Salah satu hal yang penting untuk ditingkatkan adalah kemampuan speaking atau berbicara . Sering kali kita merasa kesulitan saat berbicara bahasa asing karena kurangnya latihan dan kosakata.

BELAJAR SPEAKING MUDAH?

Lalu cara meningkatkannya seperti apa? Yuk, kita pahami !!!

1. Berpikir dalam bahasa Inggris

Kamu bisa meningkatkan skill speaking dengan cara membiasakan diri untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Ada hal yang sulit saat ingin berbicara bahasa Inggris bukan tentang bahasanya, melainkan bagaimana kamu memikirkannya.

Apabila kamu memikirkan bahasa Indonesia, tentu kamu harus menerjemahkannya terlebih dahulu saat hendak berbicara bahasa Inggris dan itu akan terasa sangat sulit.

2. Berbicara dengan diri sendiri

Hal terpenting dalam meningkatkan skill speaking bahasa Inggris adalah dengan terus melatihnya secara konsisten.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berbicara dengan diri sendiri menggunakan bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan cermin di rumah dan mulai berbicara di depannya dengan menggunakan bahasa Inggris.

3. Membaca dan mendengarkan

Ketika kamu ingin berbicara bahasa Inggris, tentu membutuhkan kosakata (vocabulary) sebanyak-banyaknya supaya lancar.

4. Fokus berbicara, abaikan grammar

Mungkin banyak orang yang sering takut saat berbicara bahasa Inggris karena merasa grammar-nya buruk. Dengan begitu, ia terlihat tidak percaya diri dan merasa tidak nyaman.

Padahal, grammar bisa kamu pelajari secara tahap demi tahap. Berbicara bahasa Inggris meskipun grammar-nya kurang tepat terpenting lawan bicara kita paham.

5.Gunakan aplikasi

Saat ini, sudah banyak aplikasi belajar bahasa inggris yang bisa gunakan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menambah kosa kata, belajar grammar hingga pronounciation. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti Duolingo, HelloTalk, dan masih banyak lagi.

Ayo, jangan takut buat belajar speaking. Berani salah berani gagal tanda kita tidak menyerah. Selamat mencoba.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR