Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

KULIAH DI JEPANG MAHASISWA IPB CIREBON

Mahasiswa IPB Cirebon mendapatkan kesempatan kuliah di Jepang. Robbi Gunawan mendapatkan kesempatan itu . Mahasiswa jurusan jeapang ini berhasil lolos mengikuti pendidikan di Hiroshima University Jepang selama 1 tahun. Rektor IPB Cirebon melakukan seremoni pelepasan mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon di kampus setempat, Jumat (30/9).

Robbi menempuh pendidikan Bahasa Jepang. Saat menempuh kuliah di Jepang semua biaya ditanggung. Termasuk biaya sewa apartemen hingga akomodasi sehari-hari. Di awal sebagai mahasiswa Jepang, Robbi menjalani studi khusus mahasiswa asing.

Seputar sistem pendidikan di Negeri Matahari Terbit tersebut. Cara menyusun laporan, kelas budaya di Jepang serta lain-lain. Ia menjadi satu-satunya perwakilan dari IPB Cirebon yang berangkat tahun ini.

Mahasiswa semester 5 Prodi Sastra Jepang menyiapkan segala sesuatu itu. Pertama adalah persiapan mental. Ia mengaku sejak awal memiliki ketertarikan tinggi berkuliah di Jepang.

Namun seringkali pikiran pesimistis itu menghambat. Kekhawatiran hidup di negeri orang, perbedaan budaya dijadikan tantangan. Robbi juga mengutamakan izin keluarga. Terutama orang tua.

Terhitung sejak Minggu kemarin (2/10) Robbi bertolak ke Negara Sakura tersebut. Program studi selama 1 tahun ini, jelas Roby, telah melalui pertimbangan matang. Selain konsultasi dengan orang tua, juga merupakan saran dari Ketua Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Sensei Yanti Hidayati SPd MHum.

Setelah program pendidikan ini, Robbi berencana meneruskan dengan program magang di Jepang selama 6 bulan. Sejumlah alasan melatarbelakangi Robbi memutuskan pergi ke Jepang.

Ia mengaku ingin memiliki pengalaman dan mempelajari kebiasaan hidup di Jepang sebagai negara dengan sistem pendidikan yang maju

“Terus ingin cari pengalaman, terutama Jepang terkenal dengan kedisiplinannya. Jadi ingin merasakan secara langsung kedisiplinan di Jepang,” pungkasnya.

IPB Cirebon menjadi kampus pilihan utama. IPB Cirebon mengharapkan lulusannya terus berkarya dimanapun. Jayalah IPB Cirebon menjadi pioner bagi generasi emas.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR