Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

IPB CIREBON SIAP HADAPI DUNIA INDUSTRI

Industri membutuhkan banyak lulusan yang bersertifikasi .Sebanyak 10 mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Mahasiswa yang terlibat merupakan jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK). Ujikom merupakan kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Tikom Cirebon. Kaprodi PTIK, Indra Maulana SPd MKom mengatakan di tahun mendatang IPB Cirebon berencana mewajibkan ujikom BNSP sebagai salah satu persyaratan mahasiswa naik semester.

“Sertifikat ini terpakai ketika mereka di dunia kerja. Yang kita tahu sekarang semua berbasis sertifikat kompetensi. Contohnya di program Prakerja, semua berbasis sertifikat,” ujar Indra kepada Radar Cirebon kemarin.

Mahasiswa melaksanakan ujikom di kampus yang berlokasi di Jalan Brigjen Dharsono tersebut. Sertifikasi profesi berjenjang. Tingkat terendah hingga paling tinggi. Dalam studi jaringan, paling penting yaitu keamanan jaringan.Juga mengakomodir berbagai skema IT. Seperti design, pemrograman, animasi dan lainnya. Sertifikat yang memiliki masa berlaku 3 tahun untuk digunakan.

Wakil Rektor Akademik, Metta Mariam SKom MPd mengharapkan sertifikasi perdana dari BNSP ini mampu berkelanjutan. IPB Cirebon mampu mefasilitasi secara mandiri. Tentunya kedepan ujikom mampu menggantikan saat ujian semester (UAS) dari masing-masing keilmuan.

“Selain mendapat transkip, dapat ijazah, SKPI-nya (surat keterangan pendamping ijazah) ada sertifikat kompetensi dari BNSP. Jadi bisa mendukung sebagai persiapan mereka di dunia kerja. Melalui sertifikat ini semoga mahasiswa lebih memudahkan siap di industri ,” pungkas Metta.

Ulasan sedikitnya tentang BNSP, yaitu sebuah lembaga independen yang merupakan bentukan pemerintah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 18 ayat (5) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Badan ini bekerja untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi yang ada di Indonesia melalui proses sertifikasi kompetensi kerja bagi tenaga kerja, baik yang berasal dari lulusan pelatihan kerja maupun dari pengalaman kerja.IPB Cirebon siap terus bersaing menghasikan lulusan ,siap didunia industri.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR