Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Pendidikan Bahasa Inggris dibekali 4 Kompetensi

Pendidikan Bahasa Inggris IPB Cirebon membekali mahasiswanya dengan 4 kompetensi. Sekaligus mahasiswa yang belajar di Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) yang akan menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja. Terutama era globalisasi, dunia menuntut mahasiswa tidak hanya cakap di bidang pendidikan, harus mampu bahasa asing, penggunaan teknologi serta enterpreunership.

Hal tersebut yang melandasi program studi (Prodi PBI) IPB Cirebon untuk menerapkan kurikulum yang dapat membekali mahasiswa empat kompetensi sekaligus.

Kaprodi PBI Aldha Willyan MPd menuturkan, kurikulum di Prodi PBI IPB Cirebon tidak hanya berisi soal bahasa inggris, namun juga bidang lain di era globalisasi. 

“Kurikulum IPB Cirebon menerapkan, bukan hanya untuk persiapan untuk guru Bahasa Inggris biasa, tapi paham teknologi, bahasa asing dan enterpreuner,” ujar Aldha di Kampus IPB Cirebon.

Pendidikan Bahasa Inggris 4 kompetensi

Aldha menerangkan, ada beberapa mata kuliah di Prodi PBI untuk mahasiswa di bidang teknologi. Diantaranya mata kuliah graphic 3D, graphic desain, multimedia animation, multimedia videografi dan sebagainya. 

Selain itu ada juga mata kuliah technopreneurship, communication and public relation, introduction to event management, business communication and negotiation dan sebagainya.

Kemudian, IPB Cirebon membekali mahasiswa dengan kemampuan profesional translator dan profesional tour guide. Misalnya dengan mata kuliah basic translation, corporate document translation, Indonesian culture promotion, international cross-cultural communicatioan dan lainnya. 

“Jadi dengan kata lain, IPB Cirebon membekali mahasiswa dengan empat kompetensi sekaligus, yaitu kompetensi bahasa asing, teknologi, enterpreuner dan pedagogi,” ungkapnya.

Maka dari itu, untuk mendukung kompetensi tersebut, pihaknya juga memaksimalkan program – program yang ada. Misalnya dengan mengirim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi, baik di tingkat regional maupun tingkat nasional. Prodi PBI juga mengirimkan mahasiswa untuk ikut pertukaran mahasiswa. Aldha menjelaskan, selain untuk skill kemampuan bahasa , untuk kepercayaan diri dan softskill lainnya.

Mu’tasim Billah misalnya. Ia mahasiswa prodi PBI semester 3 yang mendapatkan menjadi juara 1 lomba News Reading tingkat nasional yang digelar oleh konsorsium bahasa di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta. 

“Selain mengajarkan bahasa asing, dibekali dengan keterampilan lainnya. Seperti di bidang digital, bidang tourism dan sebagainya,” ungkap Mu’tasim.

Mahasiswa Prodi PBI lainnya, Uswatun Hasanah dan Nur Sa’adah mengaku sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Mereka dan sejumlah mahasiswa lain berkesempatan untuk belajar dan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Universitas Bosowa di Makassar. Sesuatu hal yang menjadikan hal tak akan terlupakan.

“Ini juga merupakan dukungan dari kampus IPB Cirebon sehingga kita berkesempatan mengikuti program tersebut dan mendapat banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru,” ujar Sa’adah.

IPB Cirebon merupakan kampus yang selalu mendukung kemajuan mahasiswanya untuk lebih baik.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR