Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Kesempatan Besar Mahasiswa Magang di Jepang

Kesempatan memberikan pengalaman bagi mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon atau IPB Cirebon selebar-lebarnya kepada mahasiswa yang ingin magang di luar negeri. Melalui program Internship, mahasiswa IPB Cirebon, khususnya dari Program Studi (Prodi) Sastra Jepang bisa mengikuti program magang di Jepang, tanpa perlu menunda atau memperpanjang pendidikannya. Mahasiswa mendapatkan kesempatan ini sebagai penambahan ilmu.

Kaprodi Sastra Jepang IPB Cirebon, Yanti Hidayati SPd MHum mengungkapkan bahwa program internship ini merupakan salah satu program unggulan Prodi Sastra Jepang dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Pemerintah menggelar program internship ini tidak hanya dalam negeri, namun melalui magang dan studi independen di mitra kerja perusahaan dan instansi pemerintah, tapi juga mencakup program magang di luar negeri.

“Alhamdulillah, sejauh ini kami sudah melaksanakan program internship, sejak 2018, 2019, 2022, dan di tahun 2023 ini, kami sudah melaksanakan tahapan administrasi dan wawancara dengan 4 perusahaan Jepang bidang Perhotelan yang sudah menjadi mitra kerja kami ” Ungkap Yanti kepada Radar Cirebon.

Program magang ini menempatkan mahasiswa di perusahaan bidang perhotelan. Yanti menjelaskan, magang di perusahaan perhotelan di jepang, mahasiswa mampu mengasah kemampuan bahasa Jepangnya, baik secara lisan maupun secara tulisan.

“Mahasiswa belajar bekerja, hingga mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang mereka peroler ” Jelasnya.

Untuk mengikuti program magang ke Jepang, terdapat seleksi yang cukup ketat. Yanti menyebut, seleksi berjalan secara langsung oleh perwakilan dari perusahaan dengan melihat kemampuan mahasiswa, terutama dari kemampuan Bahasa Jepangnya.

Kesempatan Besar Mahasiswa Magang di Jepang

Mahasiswa yang mengikuti semua seleksi dan lolos , kemudian menyiapkan sejumlah dokumen keberangkatan sambil menunggu Certificate of Eligible. Mereka akan menjalani program magang di Jepang selama setahun penuh.

Yanti mengungkapkan, dengan terlibat program internship atau magang di Jepang, ada banyak sekali manfaat yang mahasiswa peroleh. Mahasiswa mampu mengembangkan kompetensi mereka di bidang Bahasa Jepang baik secara lisan maupun secara tulisan.

Kemudian mereka juga bisa memahami secara langsung budaya Jepang, yang sebelumnya mereka hanya bisa baca dan peroleh di media saja. Kemudian, saat akan lulus, mahasiswa juga sudah mempunyai bekal untuk memasuki dunia industri di jepang.

“Banyak diantara mahasiswa yang selesai internship, melanjutkan bekerjanya di jepang. Jadi bisa langsung terserap ke industri, karena biasanya ada pengembangan karir di luar negeri, ” Ujar Yanti.

IPB Cirebon merupakan kampus yang selalu mendukung mahasiswanya terus berkembang baik dinasional maupun internasional.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR