Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Tips Lolos Beasiswa Luar Negeri ala IPB Cirebon

Tips lolos beasiswa luar negeri menjadikan hal yang dicari banyak orang. Tentunya bagi mereka yang mengimpikan pendidikan di universitas ternama di luar negeri. IPB Cirebon merupakan salah satu kampus bahasa yang mengarahkan mahasiswa untuk hal tersebut. Kali ini kita akan membahas tips soal beasiswa luar negeri .

Kita tahu banyak terdapat beberapa universitas di luar negeri yang terkenal memiliki kualitas pendidikan bagus. Tetapi orang-orang tertentu saja yang bisa menjadi mahasiswa di sana. Meskipun begitu menyerah bukan pilihan karena kesempatan belajar sangat banyak.

Biasanya, orang yang bisa melanjutkan pendidikan di kampus luar negeri adalah orang-orang cerdas. Nggak cuma cerdas, mereka juga biasanya datang dari keluarga mampu. Tentunya, bukan rahasia lagi jika  kuliah sekaligus biaya hidup di luar negeri pasti lebih tinggi dari biaya di Indonesia. Namun, untuk kalian yang memiliki impian kuliah di luar negeri, jangan patah arang. Kamu tetap bisa berkuliah di luar negeri dengan banyak program kok.

Di Indonesia, pemerintah dan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, banyak menyediakan beasiswa kuliah di luar negeri untuk orang-orang berprestasi. Selain belajar dengan giat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa.

Berikut 5 tips Lolos mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri:

1. Pentingnya Memahami potensi diri Sendiri
Point utama dalam meraih beasiswa luar negeri adalah memahami diri sendiri. Hal ini penting untuk mengenal lebih dekat siapa diri kita. Skill atau menggali bakat dan ketertarikan, tujuan kedepannya, serta hal yang menjadi keunggulan seperti organisasi, pengalaman, dan koneksi.

2. Tidak salah memilih Jurusan dan Kampus
Kemudian tentukan jurusan dan kampus yang menjadi impian kamu. Pada tahap ini, ada dua cara memilih jurusan maupun kampus impian, dengan mempertimbangkan alasan akademis dan nonakademis yang bersifat personal.

Alasan akademis membutuhkan riset, salah satunya dengan cara melihat ranking kampus. Namun memiliki kesempatan kuliah tidak harus selalu soal ranking kampus jika kesempatan itu hampir dekat dengan bakatmu tidak masalah .

3. Mencari tahu beasiswa yang dituju
Pentingnya memahami berbagai macam beasiswa seperti beasiswa berdasarkan kebutuhan finansial, kelayakan atau prestasi, beasiswa pemerintah, hingga dari kedutaan besar terkait banyak bidang. Beasiswa juga tidak hanya soal kuliah jangka panjang ada juga yang ” Short Course”.

4. Melengkapi semua persyaratan yang diminta
Setiap beasiswa atau kampus memiliki persyaratan yang berbeda, namun umumnya meliputi sertifikat bahasa (toefl / eilts ), esai, resume, surat rekomendasi, paspor atau visa bahkan prestasi sih.

5. Terpenting Wawancara dengan Percaya Diri
Tahap terakhir dalam seleksi beasiswa umumnya adalah seleksi wawancara. Saat wawancara, jadi diri sendiri dan memberi kesan yang baik serta rendah hati heheheh. Kalian harus memperhatikan pertanyaan atau instruksi panelis, jawab pertanyaan dengan santai dan percaya diri, serta berikan penutup yang menyakinkan kalo kalian layak dapat beasiswa .

IPB Cirebon merupakan kampus yang selalu mendukung seluruh mahasiswa untuk terus berkarya dan maju.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR