Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon Terapkan Kurikulum yang Aplikatif dengan Dunia Kerja

Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon saat ini menghadapi tantangan yang tidak mudah sama seperti perguruan tinggi lainnya. Dinamika perkembangan dunia sangat pesat, mengharuskan perguruan tinggi untuk berinovasi. Salah satunya untuk merancang kurikulum yang adaptif dengan dunia kerja dan industri. 

Kepala Program Studi Sastra Inggris, Juwintan SS Mhum mengatakan bahwa saat ini, perguruan tinggi tidak cukup membekali mahasiswa dengan satu kompetensi saja. Mahasiswa juga harus memiliki sejumlah kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan di era saat ini.

“Kami di Prodi Sastra Inggris telah menerapkan kurikulum yang aplikatif dengan dunia kerja. Kampus membekali kompetensi kepada mahasiswa itu, yang sesuai kebutuhan zaman baik dunia kerja maupun industri saat ini, ” Ujar Intan .

Menurut Intan, Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon tidak saja membekali mahasiswa untuk menguasai aspek bahasa dan budaya nasional maupun internasional saja. Mahasiswa Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon juga harus menguasai kemampuan berbahasa asing, kemampuan teknologi dan enterpreneurship atau kewirausahaan. 

” Kampus memang merancang materi yang ada dalam mata kuliah supaya mahasiswa dapat menguasai kemampuan tersebut, ” Bebernya. 

Selain melalui materi perkuliahan, Intan menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan banyak pihak, baik dengan mitra pemerintah maupun dengan perusahaan swasta. Selain itu, Prodi Sastra Inggris juga telah menjalin kerjasama dengan mitra internasional. Hal ini, ujar Intan memungkinkan para mahasiswa Sastra Inggris untuk magang di luar negeri, khususnya di Jepang. 

Kemudian, pihaknya juga memberikan banyak sekali wadah bagi para mahasiswa untuk dapat mengembangkan bakat sesuai dengan passionnya. Intan melanjutkan, bahwa para mahasiswa mempunyai kemampuan yang beragam.

” Ada banyak divisi untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Mulai dari CI (Communications and Information) untuk mewadahi mahasiswa yang menyukai bidang media dan jurnalistik. English Society untuk yang suka mengikuti lomba-lomba dan sebagainya. Kemudian ada juga divisi budaya yang mewadahi mahasiswa yang menyukai musik, menari dan menyanyi, ” Jelasnya. 

IPB Cirebon merupakan kampus yang mendukung perkembangan seluruh civitas dan mahasiswanya.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR