Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

KOMPETISI INTERNASIONAL TARGET GENERASI MUDA INDONESIA

Kompetisi tentunya mendorong mahasiswa untuk bisa kritis, sistematis, kreatif, dan inovatif dalam banyak hal. Kompetisi membuat mahasiswa mampu selesaikan masalah dan beri solusi atau gagasan terhadap banyak hal. Kampus IPB Cirebon juga mendorong mahasiswa untuk mampu berkompetisi tidak hanya nasional tetapi internasional.

Perlu mahasiswa mengetahui bahwa masa kuliah dapat menjadi masa di mana dapat mencoba hal baru dan menantang diri sejauh mana memiliki kemampuan. Terutamanya tidak hanya mengikuti perkuliahan tapi perlu banyak hal pengalaman dan kesempatan. Mahasiswa perlu mencoba ikut organisasi baik internal kampus maupun eksternal kampus. Tentunya dengan mengikuti kegiatan internal atau eksternal kita bisa ukur diri sejauh mana skill yang kita punya. Persaingan saat menjadi mahasiswa sebagai awal untuk persiapan kompetisi dunia kerja. Persaingan dunia kerja bukanlah yang menggunakan tenaga atau kekerasan, namun persaingan kecerdasan, keterampilan dan keahlian.

KOMPETISI INTERNASIONAL TARGET GENERASI MUDA INDONESIA

Dunia kampus merupakan tempat mahasiswa untuk berkompetisi di dalam diri sendiri. Tetapi untuk mampu mengukur kemampuan dengan banyak orang pastinya kancah nasional serta internasional.

Persaingan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan potensi diri. Selain itu, dapat buka peluang baru, meningkatkan relasi, Berikut adalah beberapa keuntungan jika bersaing dalam kancah internasional.

Pertama, ajang persaingan internasional membawa mahasiswa dapat uji seberapa baik kualitas dalam implementasi pengetahuan yang ada.

Kedua, mengevaluasi kelemahan dan meningkatkan skill . Tahapan penilaian atau penjurian dapat menjadi ajang untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari karya yang kita buat

Ketiga, mengikuti persaingan dapat membantu mengarahkan potensi diri.

Keempat, dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan kolaborasi. Variasi jenis perlombaan mahasiswa yang memerlukan partisipasi tim dan kelompok.

Kelima, mampu menambah relasi serta buka peluang untuk tambah lingkaran relasi dan kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang dengan minat yang sama.

Keenam, dapat memberikan pembuktian dan apresiasi atas diri sendiri.

Terakhir, kompetisi juga dapat memberikan peluang untuk dapat hadiah atau penghargaan.

Kesimpulannya, mengikuti kompetisi dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri , keterampilan, serta potensi diri. Maka dari itu memulai punya target internasional sangat penting untuk memperluas jaringan relasi.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR