Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Kolaborasi IPB Cirebon Kenalkan Budaya, Bahasa Asing &Teknologi

Kolaborasi Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) menggelar sharing budaya dan bahasa asing dengan para siswa di SMA Islam Al Azhar Cirebon, beberapa waktu lalu. Kegiatan sharing budaya dengan tema Life School in Japan ini, bertujuan untuk mempromosikan budaya satu sama lain. 

Dalam kegiatan yang menghadirkan langsung Warga Negara Asing (WNA) bernama Cie. Kegiatan ini menarik antusias para siswa dan juga guru-gurunya. Mahasiswa jurusan jepang mendampingi Cie sebagai penerjemah.

Dalam kesempatan itu, para siswa SMA Islam Al Azhar memperkenalkan kesenian gamelan khas Cirebon. Sementara Cie, yang merupakan WNA asal Jepang memaparkan budaya dan bagaimana kehidupan sekolah di Jepang. 

Kolaborasi IPB Cirebon Kenalkan Budaya, Bahasa Asing &Teknologi

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IPB Cirebon menginisiasi kegiatan ini di SMA Islam Al Azhar Cirebon. Kegiatan ini untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa supaya dapat mempelajari budaya dan bahasa asing dengan lebih giat. Kegiatan ini mengarahkan penggunaan dengan bantuan teknologi dalam belajar budaya dan bahasa asing sehingga mudah paham. 

“Siswa siswi itu sekarang sudah harus memahami, bahwa teknologi dapat mempermudah banyak hal untuk menguasai budaya dan bahasa asing, ” Ujar Kaprodi PBI IPB Cirebon, Alda Willyan MPd.

Menurut Alda, kegiatan tersebut sangat positif untuk memperkenalkan budaya satu sama lain. Dirinya berharap kolaborasi ini, tidak hanya dilakukan dengan SMA Islam Al Azhar Cirebon, tapi seluruh sekolah di wilayah Cirebon di bidang budaya, bahasa dan teknologi.

Penguasaan atas teknologi dan bahasa asing, menurutnya sangatlah penting, mengingat dunia yang semakin terhubung satu sama lain.

“Saat ini, minat siswa terhadap teknologi dan bahasa asing sudah berkembang pesat, hanya saja, belum banyak yang mewadahinya. Sebagai Perguruan Tinggi satu satunya di wilayah Cirebon yang concern terhadap teknologi dan kemampuan bahasa asing, IPB Cirebon siap memberikan wadah untuk mereka memiliki kompetensi tersebut, ” Ujarnya.

IPB Cirebon selalu terbuka dan siap melakukan kolaborasi bagi setiap instansi ataupun sekolah – sekolah di Wilayah 3 Cirebon.

IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR