Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru oleh Dosen IPB Cirebon

Pelatihan meningkatkan kompetensi guru di sekolah dasar dan menengah oleh dosen Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon).

kegiatan ini merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini merupakan bagian dalam pengabdian masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Dalam melaksanakan kegiatan ini setidaknya ada enam orang dosen dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Bahasa Inggris IPB Cirebon.

Siti Sahronih MPd mengatakan bahwa kegiatan tersebut para dosen beri pelatihan tentang apa dan pelaksanaan dari Kurikulum Merdeka di sekolah. Lebih lanjut, kegiatan tersebut mengangkat tema penguatan kompetensi guru dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka. 

“Tentunya IPB Cirebon menyoroti 3 kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi bahasa asing dan kompetensi teknologi atau literasi digital. Karena menang Kurikulum Merdeka ini salah satunya terkait dengan kemampuan menggunakan teknologi, ” Ungkap Siti Sahronih kepada Humas IPB Cirebon

Menurutnya, penerapan Kurikulum Merdeka memang masih menjadi tantangan untuk sekolah, terutama di sekolah – sekolah di lokasi yang terpencil. Maka dari itu memerlukan pembinaan yang intens, dengan salah satunya menguatkan kompetensi guru. 

Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru oleh Dosen IPB Cirebon

Untuk perlu mengetahui, Implementasi Kurikulum Merdeka sendiri merujuk kepada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis (Renstra) Kemendikbud Tahun 2020-2024 dinyatakan bahwa tujuan Kemendikbud dan sasaran Strategis Pendidikan Kebudayaan adalah penguatan mutu dan relevansi Pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan relevansi Pendidikan di seluruh jenjang.

“Sesuai dengan motto IPB Cirebon yang unggul di bidang teknologi dan bahasa asing, kami siap memberikan pendampingan dan kerja sama dengan sekolah sekolah untuk lebih melek teknologi, ” Ungkapnya. 

Kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi semua. IPB Cirebon mendukung terus kolaborasi peningkatan pendidikan.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR