Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

BANGSA YANG BERPANCASILA

Pancasila merupakan falsafah bangsa. Masyarakat memperingati setiap tanggal 1 Juni . Abad ke 14 memperkenalan istilah Pancasila ketika masa kerajaan Majapahit. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, “Panca” dan “Sila”, di mana Panca memiliki arti lima dan sila berarti asas atau dasar. Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, S.H, mengutip bahwa sejarah hari lahir pancasila ketika sidang pertama BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Untuk memenangkan hati rakyat Indonesia, mereka menjanjikan kemerdekaan dan membuat lembaga sebagai persiapan.

IPB Cirebon merupakan kampus yang dukung pergerakan Pancasila bagi mahasiswa.

Pancasila merupakan dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup .Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala keberagaman yang ada. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada negeri sehingga dapat membangun negara yang lebih baik. Ketika kita mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam bentuk simple, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Pancasila menjadikan kita sebagai pribadi yang paham akan hubungan terhadap Tuhan dan sesama. Pancasila bukan hanya sebagai dasar bernegara saja, Pancasila juga menjadi pedoman dalam berperilaku sehari-hari.

Falsafah yang memuat seluruh aspek kehidupan dalam beretika. Pancasila berasal dari tradisi Indonesia, pastinya pancasila akan sangat pas apabila kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat hari lahir Pancasila , terima kasih menjadi falsafah tanpa ada sekat dari segala perbedaan . Pancasila selalu dalam hati serta jiwa dan raga masyarakat Indonesi.

Pancasila Rumah kita bersama tempat berteduh dalam segala keadaan.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR