Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Studi Lapangan ,Kunjungi Keraton Kasepuhan

Studi lapangan IPB Cirebon merupakan bagian dari mata kuliah Pendidikan Pancasila. Mahasiswa IPB Cirebon sebanyak 143 mengadakan kunjungan ke Keraton Kasepuhan. Kepala Badan Pengelola Keraton Kasepuhan, RR Alexandra Wuryaningrat dan Iman Sugiman menyambut langsung mahasiswa.

Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila, Arief Firdaus SIP MSi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi profil pelajar Pancasila. Mahasiswa yang mengikuti dari 3 prodi yang berbeda, yakni Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK). 

Kegiatan menghadirkan Wakil Rektor 3 IPB Cirebon, Dr Ade Sastra Wijaya, Ketua LPPM, Ferdi Iswandi dan Kaprodi PGSD, Guntur MPd. 

“Studi lapangan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya dan sejarah lokal. Dalam hal ini adalah Keraton Kasepuhan Cirebon, ” Ujar Arief.

Pada mahasiswa itu juga berkesempatan untuk melihat benda benda bersejarah di Museum Keraton Kasepuhan serta seminar singkat dengan pihak Keraton Kasepuhan Cirebon. 

Kegiatan yang melatarbelakangi kunjungan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap warisan budaya yang ada di Cirebon. Keraton Kasepuhan merespon baik kegiatan ini sebagai Mitra strategis untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, berintegritas dan berkarakter. 

Arief berharap, dengan kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengenal dan memahami sejarah dan budaya lokal Cirebon. 

“Studi lapangan ini juga merupakan bekal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai wawasan terhadap budaya dan sejarah lokal Cirebon, ” Ungkapnya.

IPB Cirebon selalu mendukung hal – hal pengembangan pendidikan serta budaya.

KELUAR