Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Gerakan Manglieds Himaseda IPB Cirebon Lolos PPK Ormawa

Gerakan Manglieds atau Mangroeve Literasi Edu Tourism menjadi prestasi dari Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB Cirebon) . Pengembangan literasi dalam edu tourism berbasis konservasi mangrove di desa Mundu Pesisir.

Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) merupakan program terkait proposal yang lolos secara nasional.

PPK Ormawa menginisiasi proposal yang lolos program oleh tim mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Sekolah Dasar (Himaseda) IPB Cirebon. PPK Ormawa sendiri, merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). 

Anggota Tim Himaseda IPB Cirebon, Siti Musyarofah mengatakan bahwa proposal yang lolos pada program PPK Ormawa 2023 dengan tema edu tourism. Masih minimnya pengembangan wisata di objek wisata mangrove di Desa Mundu Pesisir membuat mereka berinisiatif untuk mengembangkannya melalui upaya literasi. 

“Karena kurangnya inovasi untuk pengembangannya, maka kami berinovasi dengan mengembangkan edu tourisme berbasis konversi melalui handpad literasi, ” Ungkapnya kepada Humas IPB Cirebon.

Gerakan Manglieds Himaseda IPB Cirebon Lolos PPK Ormawa

Selain handpad literasi, Himaseda IPB Cirebon juga mengembangkan edu tourisme melalui pojok literasi. Dalam pojok literasi menyediakan beragam buku bacaan tentang mangrove. Mulai dari pentingnya keberadaan hutan mangrove, hingga bagaimana pemanfaatannya. 

“Nantinya ada pengembangan pengolahan mangrove menjadi kopi dan syrup oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Selain itu, kita juga mengarahkannya untuk menjadi Desa Wisata Ramah Anak, ” Ujarnya. 

Sementara itu, Dede Hasanah yang juga ketua tim Himaseda IPB Cirebon mengatakan bahwa proposal tentang edu tourism satu satunya proposal yang dikirimkan oleh mahasiswa IPB Cirebon. Proposal tersebut harus bersaing dengan 2.110 proposal organisasi mahasiswa dari seluruh Indonesia lainnya yang terbagi ke dalam 16 tema berbeda. 

Dede mengatakan, setelah dapat info tim yang lolos maka pelaksanaan sesuai proposal hingga akhir tahun 2023 mendatang. 

Dia menambahkan, pihak kampus IPB Cirebon juga telah beri dukungan penuh kepada tim, mulai dari tahap observasi, seleksi hingga lolos. 

“Program ini sebagai bentuk pengabdian kita kepada masyarakat. Selain itu, PPK ormawa juga antusias dalam pengembangan diri mahasiswa, ” Ujar dede. 

IPB Cirebon merupakan Kampus yang terus bergerak dalam pengembangan terhadap masyarakat.

Post Terkait

KELUAR