Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Bangga, Prodi PGSD IPB Cirebon Lolos Program Hibah Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemendikbud

Bangga mendengar pretasi salah satu perguruan tinggi dapat hibah yaitu IPB Cirebon. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mengumumkan Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) Tahun 2023.

Kemendikbud berdasarkan surat nomor 3369/E2/DT.00.02/2023 yang menerbitkan pada 23 Juni 2023. Bahwa IPB Cirebon menjadi 1 dari 68 perguruan tinggi di Indonesia yang menerima hibah program tersebut. 

Bangga mengetahui, program hibah PDK yaitu program yang berjalan guna merespon efek pandemi Covid-19 yang membuat sistem pembelajaran secara daring. Selain itu, program tersebut juga membuka peluang baru dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan perguruan tinggi lain. Terutama pada kampus yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Siti Sahronih MPd memimpin proses ini, tim PGSD IPB Cirebon kolaborasi dengan Universitas Flores Kupang Nusa Tenggara Timur . Sebelumnya, Kemendikbud meloloskan IPB Cirebon . Mulai dari program hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) hingga Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). 

“Jadi yang menjadi sasarannya adalah mahasiswa, menggabungkan mahasiswa dari IPB Cirebon dengan Universitas Flores. Kemudian nantinya juga dari dosen-dosennya akan melakukan kolaborasi untuk melaksanakan pembelajaran, ” Ungkapnya

Menurut Siti Sahronih, pihaknya mengajukan tiga mata kuliah, yakni Konsep Dasar IPA, Konsep Dasar IPS dan Pengembangan Kurikulum.

Bangga, Prodi PGSD IPB Cirebon Lolos Program Hibah Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemendikbud

“Tujuan mengadakan program ini kan bukan hanya sebuah pelaksanaan pembelajaran, tetapi juga nanti untuk inovasi-inovasi pembelajaran secara daring, ” Ujarnya.

Siti Sahronih mengatakan, lolosnya Prodi PGSD IPB Cirebon dalam program Hibah PDK ini wujud komitmen IPB Cirebon untuk beradaptasi dengan semua perubahan zaman. Kurikulum IPB Cirebon sendiri dirancang khusus untuk melahirkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang pendidikan, teknologi dan bahasa asing. 

‘Melalui program ini juga IPB Cirebon mengharapkan dapat terus bekerja sama dengan perguruan tinggi lain dan berkolaborasi,” Ujarnya.

IPB Cirebon merupakan kampus yang terus dukung perkembangan mahasiswa dan dosen serta peningkatan perguruan tinggi.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR