Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

MANTAP ! 22 MAHASISWA IPB CIREBON LOLOS KAMPUS MENGAJAR

Mantap program kampus mengajar angkatan 2023 terdapat sebanyak 22 mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon). Program menempatkan mahasiswa tersebar di wilayah Ciayumajakuning dalam pengembangan pendidikan di SD, SMP hingga SMK.

22 mahasiswa yang lolos, terdiri dari mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi pendidikan . Mereka merupakan mahasiswa di IPB Cirebon, yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK). 

Mu’tasim Billah, mahasiswa Prodi PBI merupakan salah satu mahasiswa yang lolos berhasil dari semua tahapan. Mulai dari seleksi administrasi hingga tes literasi dan numerasi, survey kebhinekaan dan Value Clarification Test (VCAT).

“Setelah mahasiswa mendapat informasi lulus, langsung terjun ke sekolah yang sesuai dengan arahan. Tapi sebelumnya kami mendapatkan pembekalan secara daring untuk kemudian kita implementasikan di sekolah yang ditugaskan, ” Ungkapnya. 

Mahasiswa lainnya, Suradi Fauzi dari Prodi PTIK IPB Cirebon mengaku tertarik untuk mengikuti program ini. Bagi Suradi mengikuti progam ini menjadi kanal pembelajaran dan pengembangan diri di luar kampus. Melalui program Kampus Mengajar ini, ia berharap akan mendapatkan pengalaman belajar-mengajar secara langsung di lapangan yang dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan, kreativitas dan problem solving mereka. 

“Jadi ini merupakan kesempatan, untuk berkontribusi mengembangkan pendidikan dan bekerjasama dengan guru dan tenaga pendidik untuk memecahkan masalah yang ada di sekolah tersebut, supaya menemukan solusi yang bisa kita bantu, ” Ujarnya. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI)memprakrasai Program Kampus Merdeka sendiri yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mantap dan keren keberhasilan mereka lolos dalam program tersebut tentunya sangat membanggakan. Pasalnya, hal ini membuktikan bahwa mahasiswa IPB Cirebon mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR