Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

MAHASISWA PTIK JADI PENDAMPING DI MADRASAH ALIYAH (PART 1)

Mahasiswa PTIK (Pendidikan Teknik Informatika & Komputer) IPB Cirebon mengabdi dengan terlibat di Relawan TIK.

Kegiatan rabu tanggal 19 Juli 2023 mengangkat tema Budaya Pancasila diruang digital. Kegiatan ini mengingatkan bahwa ruang digital bukanlah suatu interaksi satu arah, melainkan interaksi dengan banyak orang.

Untuk menanamkan etika di ruang digital, generasi muda perlu terlibat dalam digitalisasi budaya, ” ujar Rizky.”

Pengguna internet mengalami peningkatan tahun 2021, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Pentingnya paham menilai ruang digital yang aman serta sopan santun dapat terlaksana oleh masyarakat dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila.

Generasi muda perlu memahami ruang digital yang aman dan etis . Generasi muda perlu memahami informasi tidak ada hoax dan hal terkait adu domba. Sudah saatnya belajar baca informasi dengan baik sehingga paham.

Kitab tahu Indonesia merupakan negara demokrasi, namun masyarakat tetap perlu mengedepankan etika saat berjejaring di ruang digital. Generasi muda pun harus taat pada aturan yang berlaku seperti menjauhi perundungan (bullying), hate speech, dan hoax.

Mahasiswa PTIK IPB Cirebon mengabdi bersama para relawan lainnya untuk informasi soal hoax. Pentingnya hal ini kenal dan mengindentifikasi hoax karena banyak tidak tahu soal hoax. Hoax adalah sesuatu yang menutupi fakta. Sehingga pergerakan relawan ini sangat membantu generasi muda khususnya pelajar di Madrasah Aliyah Maharesi Siddiq.

IPB Cirebon terus kontribusi untuk Cirebon dalam bidang pendidikan serta mengkontribusikan ilmu tentang dunia digital.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR