Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

MAHASISWA PTIK MENJADI PENDAMPING NARASUMBER KEGIATAN RELAWAN DIGITAL

Mahasiswa PTIK (Pendidikan Teknik Informatika & Komputer) IPB Cirebon mengabdi dengan terlibat di relawan TIK.

Kegiatan rabu tanggal 20 Juli 2023 mengangkat tema Amankan aset digitalmu. Kegiatan ini mengingatkan bahwa pentingnya keamanan akun kita.

Pembangunan masyarakat informasi dalam area geografis tertentu penting perwujudan dengan
melibatkan SDM yang mampu berubah secara berkelanjutan dari buta menjadi melek dan cerdas digital.

MAHASISWA PTIK MENJADI PENDAMPING NARASUMBER KEGIATAN RELAWAN DIGITAL

Kita perlu memberikan informasi keamanan aset digital serta sistem dan data pribadi masyarakat. Masyarakat banyak yang belum memahami pentingnya proteksi pengguna ponsel dan internet .

Untuk itu kami sebagai mahasiswa senang bisa menjadi relawan dalam menginformasikan terkait keamanan digital , ” ujar Slamet.” Kegiatan pendampingan di Madrasah Aliyah Siddiq Wanatara Kabupaten Cirebon lancar . Slamet dan beberapa mahasiswa PTIK lainnya memberikan ilmu mereka dalam kontribusi terhadap masyarakat.
Perlu kita ketahui alasan utama pentingnya menjaga data pribadi. 
1. Terkadang adanya Intimidasi secara daring terkait gender ,menyebut data pribadi berupa jenis kelamin untuk menghindari kasus pelecehan seksual atau perundungan secara daring.
2. Mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Menjauhi hal – hal berpotensi kasus penipuan yang sedang marak.
4. menghindari potensi pencemaran nama baik.
5. Adanya hak kendali atas data pribadi

Mahasiswa PTIK IPB Cirebon memberikan untuk informasi keamanan data pribadi. Pentingnya hal ini kenal dan mengindentifikasi tentang keamanan email pribadi .Tentunya keamanan pribadi lewat email dll.

Kegiatan ini berjalan, berkelanjutan untuk mengubah kondisi masyarakat dari buta digital menjadi melek digital, di mana masyarakat menyadari arti penting penguasaan informasi .

IPB Cirebon terus kontribusi untuk Cirebon dalam bidang pendidikan serta mengkontribusikan ilmu tentang dunia digital. IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.



Post Terkait

0 Komentar

KELUAR