Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Prodi IPB Cirebon Pengabdian Masyarakat & Workshop di SMPN 13 Kota Cirebon

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IPB Cirebon melaksanakan pengabdian masyarakat. Pengabdian dalam bentuk memberikan training dan workshop dengan tema ” Pembelajaran Berbasis Digital dan Penelitian Tindakan Kelas.

Pengabdian yang terlaksana di SMP N 13 Cirebon ini terkait teknologi informasi dan komunikasi pada era digital mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Apalagi setelah pandemi covid-19, yang mengharuskan masyarakat melek teknologi agar dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain yang ada di seluruh dunia.

Tentunya efek dari hal tersebut mengakibatkan perubahan dalam bidang Pendidikan.

Model pembelajaran yang bersifat fleksibel membutuhkan effort dari sang pendidik . Begitu banyak cara melalui aplikasi dll. Salah satunya E-learning sebagai contoh pembelajaran daring, yang satu sisi memudahkan pendidik berbagi materi secara real time (langsung).

Prodi IPB Cirebon Pengabdian Masyarakat & Workshop

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang memberikan materi ialah Virga Putra Darma MPd. Kegiatan melaksanakan pengabdian pada kamis 20 Juli 2023. Materi yang memfokuskan pada pembelajaran daring dengan cara yang mudah.

Model pembelajaran hendaknya tidak hanya berfokus pada memberi pengetahuan (kognitif), belum diimbangi pada ranah sikap (afektif), dan perilaku (psikomotorik).

Menjadikan model pembelajaran lebih humanis bukan berarti meninggalkan penggunaan teknologi digital. Berikut beberapa inovasi model pembelajalan di era digital yang bisa penerapannya

  1. Blended Learning
    Blended learning adalah model pembelajaran campuran yang mengkombinasikan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. Model ini memberikan kesempatan belajar dari rumah serta dan belajar langsung di sekolah (bersifat praktik).
  2. Cloud Learning
    Cloud learning adalah model pembelajaran yang pelaksanannya secara tatap muka, tetapi materinya terdokumentasi secara digital dalam penyimpanan awan. Dalam hal ini, pendidik harus menyiapkan materi pelajaran secara menarik dalam berbagai bentuk, bisa berupa video, foto, animasi,poster, dan lain sebagainya. Jadi, pelaksanaan model pembelajaran sepenuhnya tatap muka, tetapi tetap menggunakan teknologi digital sebagai sarana pendukung kegiatan pembelajaran.
  3. Hybird Learning
    Hybird learning sebuah model pembelajaran yang juga mengkombinasikan antara model pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. Dimana,  blended learning model pembelajarannya bersifat gantian, misal minggu ini tatap muka, maka minggu depan daring. Sedangkan, hybird learning menggabungkan keduanya, artinya ada peserta didik yang belajar secara langsung di kelas, tapi ada juga pembelajaran secara daring.

Dengan menggunakan ketiga model tersebut, penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik akan lebih maksimal . Pengadian dosen PBI dengan memberikan informasi dan berbagi kepada guru- guru SMP 13 Cirebon. Sehingga pembelajaran menjadi sesuatu yang sangat interaktif. Selain itu pada akhirnya akan melahirkan generasi yang beretika serta berprestasi. IPB Cirebon mendukung untuk kemajuan dosen berkarya.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR