Minggu, 16 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Sastra Jepang IPB Cirebon Raih Juara di Bunkasai ke-48 Jawa Barat

Sastra Jepang Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon kembali menorehkan prestasi. Kompetisi Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) tingkat Jawa Barat ke-48. Mereka berhasil mendapatkan predikat juara pada dua kategori yang berbeda. 

Program Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Universitas Padjajaran Bandung tersebut, IPB Cirebon mengirimkan sejumlah perwakilannya. Hasilnya, dua mahasiswa, wawan membawa pulang juara 3 lomba karaoke Jepang dan Gerry Septian, juara harapan 1 presentasi Bahasa Jepang. 

Baik Wawan maupun Gerry, berhasil mengungguli lawan-lawannya, para mahasiswa dari perguruan tinggi yang memiliki Prodi Bahasa dan Sastra Jepang di se Jawa Barat. 

“Strategi saya untuk memenangkan kompetisi karaoke Jepang adalah fokus dengan suara dan stage act, karena ini penting. Alhamdulillah saya bisa menjadi juara 3 mengalahkan mahasiswa lainnya, ” Ungkap Wawan. 

Kedua mahasiswa yang memenangkan kejuaraan ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa baru IPB Cirebon untuk mengikuti kompetisi serupa. Terlebih, kompetisi Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) merupakan acara setiap tahun sebagai wadah bagi para mahasiswa peningkatan minat dan bakatnya di bidang budaya dan sastra Jepang. 

Sementara itu, Gerry Septian mengatakan bahwa presentasi dalam bahasa Jepang sesuatu yang baru. Walaupun hanya bermodal nekad, ia berhasil menjadi juara harapan 1 dari kategori lomba yang baru kali kedua digelar itu. 

Tahun 2022 lalu, Gerry dan timnya berhasil menjadi juara 1 untuk kategori Manga. Sesuai aturan yang ditetapkan PBSI Unpad, menyatakan bahwa juara tahun sebelumnya tidak bisa mengikuti kategori yang sama untuk perhelatan tahun ini, membuat Gerry harus pindah haluan. 

“Ini pertama kalinya saya mengikuti lomba presentasi, apalagi dalam bahasa Jepang. Perasaannya senang karena ternyata saya juga bisa di bidang lain selain Manga, ” ungkapnya. 

“Saya juga berharap, untuk mahasiswa lainnya agar tidak takut untuk mencoba. Kita harus menghargai diri kita dan kemampuan yang tak terduga, ” Ujarnya.

IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR