Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

TIPS SUKSES PERSENTASI SKRIPSI

Tips mensukseskan persentasi skripsi dengan baik. Mahasiswa merasa takut menjelang sidang skripsi. Mereka menduduki bangku kuliah selama 4 tahun. Segala yang mereka tempuh saat mencapai tahap akhir hingga dalam sidang skripsi. Hai ini juga terjadi bagi mahasiswa di IPB Cirebon.

Proses penyusunan skripsi memang menantang, namun ada tantangan lain bagi mahasiswa pada saat sidang. Mahasiswa kerap merasa takut berlebihan atau gugup hingga mempengaruhi jalannya sidang skripsi.

Jika mahasiswa mengalami hal tersebut saat sidang skripsi, jangan khawatir ! Ada banyak hal yang untuk memaksimalkan persiapan menjelang sidang.

Sebelum mahasiswa lulus jadi sarjana, mahasiswa S1 harus menyelesaikan skripsi. Setelah itu ada sidang skripsi . Padahal jika mahasiswa itu sudah mempersiapkan diri dengan maksimal, maka ujian skripsi bisa berjalan dengan lancar. Karena itu, mahasiswa butuh tips& trik sidang skripsi supaya berjalan dengan lancar. Apa tipsnya? Bagaimana mempersiapkannya?

TIPS SUKSES PERSENTASI

1. Membaca dengan berulang

Mahasiswa mempersiapkan sebelum sidang skripsi adalah pelajari dan baca lagi . Tidak hanya sekali tapi berulang agar lebih siap. Hal ini karena dosen penguji akan menganalisis kesiapan dari segi materi dan pengetahuannya . Disini perlu mempersiapkan poin-poin penting dari isi dengan sticky note pada setiap bagian atau bab yang ada.

2. Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing

Tips berikutnya menjelang sidang pastikan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing agar jauh lebih siap. Biasanya mahasiswa akan berkoordinasi dengan dosen pembimbing dalam pengurusan berkas administrasi pendaftaran sidang.

3. Pahami Karakter Dosen

Memahami karakter dari dosen penguji merupakan hal yang penting. Karena, administrasi program studi/jurusan sudah menentukan dosen penguji.

Ketika sudah mengetahui dosen penguji, segeralah mencari informasi detail bagaimana karakter dari dosen penguji .

4. Jawab Semampunya Pertanyaan

Ketika kelar menyeselesaikan jawaban dari dosen penguji. Apapun itu bentuknya pertanyaan, masukan ataupun saran yang diberikan kepada mahasiswa pada ujian. Saat berlangsungnya tanya jawab jika dosen penguji mulai memberikan pertanyaan maka dengarkan dulu isi pertanyaannya baru dijawab.

Demikianlah hal – hal yang perlu mahasiswa mengetahui untuk lebih persiapkan dalam segala hal.

Post Terkait

Tips Makan Sehat !!!
18 Mar 2024

Tips Makan Sehat !!!

0 Komentar

KELUAR