Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Meraih Lagi Juara, Mahasiswa IPB Cirebon Menangi Speech Contest Tingkat Nasional

Meraih lagi prestasi ,mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon atau IPB Cirebon kembali pada ajang Speech Contest. Setelah IPB Cirebon merajai English Speech Contest of UIN Festival 2023,kali ini juara kembali. Dinda Syifa Sayyidina kembali membawa harum kampus dengan juara English Speech Contest di Universitas Negeri Semarang (UNNES). 

Dinda yang merupakan mahasiswa semester 2 Prodi Sastra Inggris ini, berhasil menjadi juara dalam kontes tersebut dengan mengalahkan sejumlah peserta lainya. Ia berhasil mencuri hati dewan juri dengan pidato bertema framing media terhadap kasus kekerasan seksual pada perempuan. 

“Dalam mengikuti kompetisi ini, saya sebelumnya telah menyiapkan beberapa materi dari sejumlah artikel yang terkait dengan materi pidato yang saya bawakan, ” Ungkap Dinda 

Dengan membawakan pidato tersebut, Dinda terinspirasi dari pemberitaan yang tengah ramai menjadi perbincangan. Ia menilai media memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan opini di masyarakat. Namun sayangnya, belum begitu banyak yang peka terhadap isu gender. Sejumlah media justru menyalahkan dan memberikan stigma negatif terhadap perempuan yang merupakan korban kekerasan. 

“Saya juga berlatih dan menghafalkan naskahnya. Kemudian juga memilih pelafalan yang sekiranya perlu penekanan pada saat pidato nanti,” Ungkapnya. 

Ia mengaku bersyukur, bisa berpartisipasi dalam lomba tersebut .Ketua Prodi Sastra Inggris juga mendukung, yakni Juwintan SS MHum. Ia berharap, suatu saat dapat mengikuti perlombaan lainnya. Terlebih dengan adanya dukungan dari kampus, ia mengaku bersemangat untuk lebih berprestasi. 

 “Beliau sedikit banyak memberikan masukan terhadap naskah pidato saya, ” Ungkapnya. 

Meraih Lagi Juara, Mahasiswa IPB Cirebon Menangi Speech Contest Tingkat Nasional

Juwintan SS MHum, Kaprodi Sastra Inggris mengaku bangga dan mengapresiasi pencapaian Dinda. Ia berharap, dengan pencapaian dinda tersebut, kedepannya prodi Sastra Inggris terus bersinar dengan berbagai macam prestasi-prestasi lainnya baik di bidang akademik maupun non akademik. 

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi. Baik di bidang akademik maupun non-akademik, ” Ujarnya.

IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR