Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Tanam Ratusan Mangrove di Muara Mundu Pesisir ,Himaseda Bergerak

Tanam ratusam mangrove memberikan harapan pantai Cirebon lebih baik. Himpunan Mahasiswa Sekolah Dasar (Himaseda) IPB Cirebon beserta seluruh Civitas Akademika melakukan penanaman ratusan bibit mangrove di muara Mundu Pesisir. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari Program Manglieds (Mangrove Literasi Edu Tourism) yang lolos pendanaan melalui PPK Ormawa. 

Himaseda IPB Cirebon sendiri mengusung gerakan Manglieds pada proposal yang lolos pendanaan PPK Ormawa 2023. Mereka bersaing dengan 2.110 proposal organisasi mahasiswa kampus lainnya dari seluruh Indonesia yang terbagi ke dalam 16 tema berbeda. 

Ketua PPK Ormawa Himaseda IPB Cirebon, Dede Hasanah menerangkan bahwa penanaman ratusan bibit mangrove di muara Mundu Pesisir merupakan tersebut, merupakan salah satu implementasi dari Gerakan Manglieds. Selain oleh Himaseda IPB Cirebon, Civitas Akademika IPB Cirebon mengikuti kegiatan ini , Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta Pemerintah Desa setempat. 

“Selain itu, ada juga kelompok volunteer, pecinta alam, Ormawa lain dan organisasi lain yang ikut serta. Kami berharap bibit mangrove yang kami tanam, dapat berkembang dan mampu menjaga dari abrasi pantai, ” Ungkapnya. 

Dosen pembimbing PPK Ormawa IPB Cirebon, Situ Sahronih MPd menjelaskan bahwa Program Manglieds merupakan pengembangan literasi dalam edu tourism berbasis konservasi mangrove di Desa Mundu Pesisir. 

Tanam Ratusan Mangrove di Muara Mundu Pesisir ,Himaseda Bergerak

Melalui gerakan Manglieds, pihaknya berharap bahwa kehadiran mahasiswa di Zona Mangrove Kasih Sayang di Desa Pesisir dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan wisata di kawasan tersebut. 

“Semoga kedepan yunior kami mampu melanjutkan program ini. Tentunya penting untuk menjaga lingkungan secara menerus. Karena dampaknya yang menikmatinya adalah generasi selanjutnya. 

Kegiatan ini juga, sangat bermanfaat untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk pengembangkan program yang berdampak positif bagi masyarakat. 

“Melalui program ini, minimal mahasiswa bisa lebih aktif, tidak saja aktif di dalam kampus, tapi juga di luar kampus. Apalagi saat masa liburan seperti saat ini, mereka bisa lebih mengenal lingkungan daerahnya, Cirebon dan sekitarnya, ” Ujarnya.

IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR