Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Siap Ekspor Usaha Mahasiswa Rotan Sintetis

Siap Ekspor usaha Rotan sintesis olehTim Mahasiswa Prodi PGSD IPB Cirebon. berhasil mengembangkan produk rotan sintesis dengan nama Usaha Kreatif Mahasiswa Rotan Sintetis (Ukmarosis). Tentunya mengembangkan Inovasi usaha dengan berharap, bisa tercapai hingga kanca internasional.

Ukmarosis merupakan satu dari 9 inovasi usaha Mahasiswa IPB Cirebon yang berhasil menang hibah Program Pembinaan Wirausaha Mahasiswa (P2MW) .

Ukmarosis yang beranggotakan Lusi Umayah, Hazar Putri Aulia, Agus Wijaya dan Dea Adinda Rahmawati memproduksi produk manufaktur seperti pot bunga, wadah alat tulis, tempat tisu dan lainnya. Rotan dalam Produk-produk yang ada telas siap terjual dalam platform media sosial hingga e-commerce. 

Siap Ekspor Usaha Mahasiswa Rotan Sintetis

Lusi mengatakan bahwa Rotan sintetis adalah produk pengganti rotan alami yang terbuat dari bahan baku plastik atau bahan sintetik, seperti High Density Polythylene (HDPE) atau Oolyvynil Chloride (PVC). Mereka mengolah bahan-bahan tersebut sedemikian rupa melalui proses pabrikasi sehingga menghasilkan helaian rotan buatan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini produk rotan tengah populer di kalangan masyarakat. Pengrajin Rotan memburu bahan baku yang dalam pembuatan berbagai produk meubel.

Namun seiring dengan banyaknya permintaan, suplai rotan juga berkurang. Terlebih karena rotan alami membutuhkan waktu pertumbuhan yang lama. Maka dari itu, rotan sintetis ini menjadi solusinya. 

” Mendapatkan bahan rotan sintetis sangat mudah. Selain itu, rotan sintetis juga mempunyai banyak keunggulan, seperti lebih lentur dan anti rayap dan cuaca. Produknya juga awet,” Bebernya. 

Lusi mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan pendanaan dari program P2MW. Pasalnya, dengan adanya program tersebut, mereka bisa mengembangkan usaha Ukmarosis dengan lebih baik dan terarah. 

“Kita juga sudah melakukan Workshop dengan pengrajin rotan. Sehingga ke depannya, akan ada banyak produk rotan sintetis yang bisa kita hasilkan, ” Ungkapnya. 

Sementara itu, Dea Adinda Putri mengatakan bahwa saat ini, produk-produk Ukmarosis sudah terpasarkan di platform media sosial dan e-commerce.

“Kami berharap bahwa produk Ukmarosis bisa semakin meningkat dan berjalan dengan lancar. Kita juga berharap suatu saat, kita bisa memasarkannya hingga ke mancanegara, ” Ujarnya.

IPB Cirebon terus bergerak dengan mengembangkan segala yang ada sesuai arahan LLDIKTI 4.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR