Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

PGSD IPB Cirebon Jalin Kerja Sama dengan Unnes Semarang

PGSD merupakan salah satu jurusan yang juga memiliki banyak prestasi. IPB Cirebon sebagai perguruan tinggi dengan keunggulan di bidang pendidikan dengan pemberian banyak skill. IPB Cirebon semakin gencar dalam memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak. Hal ini bagian dari peningkatkan mutu pendidikan serta menjawab tantangan globalisasi.

Terbaru, IPB Cirebon melalui Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan kunjungan dan benchmarking ke Prodi PGSD Universitas Negeri Semarang (UNNES), Selasa (19/9/2023). Kaprodi PGSD yaitu Mochamad Guntur MPd memimpin rombongan visit.

Guntur mengatakan kunjungan dan Benchmarking tersebut sebagai bagian meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya bagi Prodi PGSD. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi awal untuk melakukan Kerjasama antar IPB Cirebon dengan UNNES.

Kegiatan tersebut terwujud berupa sharing session dan diskusi kerjasama. Tentunya salah satu poinnya membahas terkait dengan konversi implementasi kurikulum merdeka di Prodi PGSD. 

Menurutnya, sejauh ini masih kesulitan dalam mengkonversi beberapa mata kuliah yang tidak inline terhadap prodinya masing masing. Sehingga pihak IPB Cirebon & Prodi PGSD Unnes membuat Forum Group Discussion (FGD) dalam forum ilmiah. Dalam forum tersebut terdapat gugus mutu internal, dan pengembangan kurikulum serta operator MBKM.

“Dari tiga ahli tersebut kita menemukan rancangan yang tepat. Namun saat ini belum membuat buku pedoman yang paten atau yang pakemnya, ” Ujar Guntur. 

Kendati begitu, melalui kerja sama ini, berharap akan memperkuat serta saling melengkapi dalam hal implementasi MBKM di masing-masing perguruan tinggi.

Selain itu, kerja sama ini juga semakin memotivasi pihaknya untuk terus memberikan layanan pendidikan yang optimal. Terutama dalam hal peningkatan kapasitas dan kompetensi mahasiswa dalam berbagai hal, baik di bidang akademik maupun non-akademik. 

” Tahun ini, ada banyak sekali mahasiswa PGSD yang berhasil lolos dalam program-program pemerintah, seperti P2MW, PPK Ormawa, MSIB dan sebagainya. Ini menunjukkan bahwa, IPB Cirebon memiliki kualitas yang sama dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia,” Ujarnya .

IPB Cirebon terus berbenah untuk peningkatan kualitas.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR