Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

Kampus IPB Cirebon Mou dengan Perpusnas RI

Kampus Insitut Prima Bangsa berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan kompetensi di bidang literasi di kalangan mahasiswa. Salah satunya dengan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). 

Konferensi Internasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (KPPTI) ke-2 melaksanakan Penandatanganan MoU dan PKS secara bersamaan. Kegiatan yang berlangsung di Kota Semarang selama 3 hari. MoU ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pelayanan dan pengembangan perpustakaan serta kepustakawanan di perguruan tinggi.

Wakil Rektor tiga Kampus IPB Cirebon, Dr Ade Sastrawijaya MPd mengatakan bahwa perpustakaan salah satu elemen penting lembaga pendidikan. Maka dari itu, peningkatan kualitas perpustakaan menjadi upaya penting guna literasi di lapangan mahasiswa dan juga Civitas akademika IPB Cirebon. 

Ade menyebut bahwa MoU dan PKS dengan Perpustakaan Nasional itu antara lain ; kerjasama dalam pengembangan bahan pustaka dan jasa informasi. 

Dalam MoU membahas terkait tentang keanggotaan. Jadi mahasiswa di sini otomatis menjadi anggota melalui program Kartu Sakti. Kelebihannya, kita dapat mengakses ribuan artikel, jurnal, buku dan , sehingga mereka bisa menambah referensi terkait dengan tugas. Selain itu penambahan pengetahuan yang belum dapat kami fasilitasi karena keterbatasan buku dan sebagainya, ” Ujarnya. 

Selain itu, melalui MoU dan PKS tersebut juga memuat pengembangan sumber daya perpustakaan, dan sumber daya manusia serta teknologi dalam program replikasi transformasi perpustakaan berbasis digital. 

“Dengan adanya kerjasama ini, berharap akan meningkatkan pengelolaan perpustakaan digital di IPB Cirebon, ” Jelasnya. 

Selain itu, dalam hal kurikulum Merdeka Belajar Belajar Merdeka (MBKM), dengan MoU dan PKS tersebut, Perpustakaan Nasional juga berkomitmen untuk memberikan kesempatan mahasiswa IPB Cirebon untuk magang di lembaga tersebut. 

“Tentunya ini menjadi kesempatan yang baik bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya, ” Pungkasnya.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR