Jumat, 17 Mei 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

HARI BATIK NASIONAL 2023 DI IPB CIREBON

Hari Batik nasional tahun 2023 ini memiliki antusias yang berbeda bagi mahasiswa IPB Cirebon.

Terlihat dari laman Kemdikbud, tanggal 2 Oktober 2009 merupakan tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tanggal tersebut UNESCO di Abu Dhabi menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan.
Batik pemersatu bangsa sekaligus simbol persatuan. Jika kita memakai batik, maka tidak ada lagi sekat sosial karena batik menunjukkan kebersamaan.

Selain itu Batik Nasional ini menjadi cara untuk menjaga identitas bangsa. Begitu pula memakai batik bukan hanya selebrasi Batik Nasional saja.

Melalui peringatan batik Nasional ini warisan budaya batik akan semakin mendunia dan masyarakat Indonesia harus memiliki kepercayaan diri memakai batik sebagai upaya merawat warisan budaya Indonesia. Hari Batik Nasional tidak hanya untuk menguatkan jati diri bangsa Indonesia, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui industri batik

Batik Nasional menjadi cara untuk menjaga identitas bangsa Indonesia dan penguat persatuan. Melalui peringatan ini, warisan budaya batik semakin diakui secara global, dan masyarakat Indonesia diharapkan untuk lebih percaya diri dalam memakai batik sebagai bagian dari upaya pelestarian warisan budaya Indonesia. Selain itu, Hari Batik Nasional juga memiliki potensi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui industri batik.

Kegiatan memperingati Batik Nasional seluruh mahasiswa dan civitas akademik IPB Cirebon memakai seragam batik. Kegiatan ini menjadi sesuatu yang antusias bagi mahasiswa.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR