Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

SELAMAT!!PRESTASI LAGI ?DOKTORAL?

Selamat dua Dosen Institut Pendidikan & Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) mendapat beasiswa dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia .

IPB Cirebon patut merasakan kebanggaan dua dosen berhasil lolos beasiswa BPI. Kedua dosen tersebut Yanti Hidayati SPd MHum ( Sastra Jepang) dan Ari Mulyadi, M.Hum (Sastra Inggris) .

Yanti Hidayati SPd MHum  menjelaskan, bahwa proses keberhasilan lolos beasiswa ini dengan berbagai tahapan. Yanti Hidayati mendapat kesempatan yang sangat baik karena ini menjadi bagian dalam peningkatan terhadap konstitusi.

Demikian juga dengan Ari Mulyadi, M.Hum menceritakan proses yang cukup panjang mulai dari berkas dan daftar di kampus tujuan agar mendapatkan Letter of Acceptance (LoA). LoA ini merupakan salah satu syarat pokok untuk mendaftar beasiswa BPI. Kemudian, tentu ada proposal disertasi dan essai menambah kontribusi untuk Indonesi serta dokumen prasyarat lainnya. Perihal administrasi ini hitam putih atau artinya dapat menggugurkan peserta namun BPI memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyanggah. Selanjutnya yaitu tahapan wawancara dengan tiga pewawancara yang terdiri atas dua akademisi dan satu psikolog. Tahapan ini menjadi penentuan terakhir apakah pewawancara menilai bahwa peserta sudah cukup mampu untuk bertanggung jawab atau berkomitmen atas proposal disertasi dan esai kontribusi untuk Indonesia. Terakhir, calon awardee wajib untuk mengikuti proses registrasi ulang dan pembekalan sebelum resmi sebagai awardee BPI 2023.

Selain itu Yanti Hidayati SPd MHum dan Ari Mulyadi, M.Hum mengatakan keberhasilan ini sebuah berkah. Kenapa ? yaitu pertama adalah karunia Tuhan yang begitu luas telah diberikan kepada hambanya dengan kasih dan cinta sehingga dapat memperoleh kesempatan untuk melanjutkan studi. Kedua, melihat bahwa kesempatan sangat luas antara pengembangan SDM dosen dengan kebutuhan akan doktor di Indonesia berdasarkan data dari Kemdikbudristek. Ketiga adalah persiapan yang mumpuni mulai dari berkas sampai dengan mock-interview.

Kebanggaan tersendiri IPB Cirebon kembali memperoleh beasiswa doktoral bagi dosen, tidak lepas dari dukungan jajaran pimpinan IPB Cirebon.

SELAMAT!!PRESTASI LAGI ?DOKTORAL?

Selamat yang menjadikan kebahagiaan untuk para dosen yang lolos beasiswa S3.

Ari Mulyadi mendapat beasiswa S3 Universitas Gajahmada Jurusan doktoral Ilmu-ilmu humaniora dengan konsentrasi Linguistik. Yanti sensei yang lolos di Universitas Padjajaran Bandung.

” Memperoleh beasiswa S3 adalah tanggung jawab yang lebih besar lagi sehingga harapannya adalah do the best dan bertanggung jawab atas kesempatan ini” Ujar Ari.

Keluarga besar civitas akademika IPB Cirebon mengucapkan selamat dan sukses kepada Yanti sensei dan Mr Ari. Mari terus memberikan yang terbaik bagi perkembangan IPB Cirebon untuk masa depan yang lebih baik.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR