Kamis, 20 Jun 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

3 TIPS MENGATASI RASA MALAS KULIAH

3 Tips mengatasi rasa malas kuliah. Tentunya banyak kasus mahasiswa yang semangatnya menurun saat memasuki pertengahan atau akhir semester . Mungkin mengawali semester baru ada yang shock karena ritme belajar yang beda saat di SMA.

Ada beberapa kasus, suasana yang tidak mendukung membuat semangat mahasiswa turun saat masuk semester atas atau bahkan semester akhir, terlebih jika tinggal dalam pembuatan skripsi saja. Bahkan tak sedikit mahasiswa yang jadi jarang berangkat kuliah.

Mahasiswa merasa kurang semangat atau malas belajar yang menyebabkan banyak tugas kuliah terbengkalai?

Setiap mahasiswa mengalami perasaan malas saat belajar itu normal. Hal ini biasanya muncul karena kamu sudah belajar untuk durasi yang lama. Selain itu, malas belajar juga biasanya memicu pemahaman materi pelajaran yang ada. Namun, jangan biarkan rasa malas belajar terus ada. Sehingga jangan membiarkan rasa malas belajar justru bisa membawa beberapa dampak negatif. Kali ini ada 3 tips mengatasi rasa malas ala IPB Cirebon.

  1. Belajar mengenali lingkungan belajar . Tentunya perlu paham bahwa belajar itu terkait dengan lingkungan. Hal tersebut sangat menentukan gaya semangat belajar. Oleh karena itu, tempat belajar kita harus membawa suasana dalam belajar lebih nyaman.
  2. Memulai belajar bersama teman. Perlu kita mencoba yang namanya belajar dengan teman sebaya. Asik kok belajar bersama sehingga paham materi pelajaran dengan lebih mudah. Sehingga rasa malas tidak mendominasi. Supaya belajar memiliki dampak maksimal target tercapai.
  3. Mengerjakan yang paling mudah . Jika merasakan kejenuhan belajar itu manusiawi tetapi merasa malas terkadang muncul jadi sedikit terganggu. Apalagi jika belajar memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, hal yang wajib kamu lakukan adalah pilih tugas paling mudah terlebih dahulu. Karena hal ini biasanya akan memicu munculnya semangat belajar untuk belajar .

Sederhana kan? Memulai 3 hal ini sangat baik. Teman – teman mahasiswa bisa mencoba hal tersebut.

Yuk mahasiswa belajar untuk bisa lakuin hal – hal tersebut supaya target untuk lulus tepat waktu tercapai.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR