Selasa, 21 Mei 2024
  • Institut Prima Bangsa Cirebon

HIKMATNYA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD S.A.W

Hikmatnya merayakan Maulid Nabi para mahasiswa dan civitas akademik IPB Cirebon. IRMA (Ikatan Remaja Masjid ) IPB Cirebon yang menyelanggarakan acara ini. Pada hari rabu 11/10/2023 memperingati acara tersebut dilantai 3.

Pelaksanaan Maulid Nabi ini merupakan hal yang terlaksana sebagai kesuksesan IRMA(Ikatan Remaja Masjid IPB Cirebon )

Pelaksanaan peringatan Maulid Nabi kegiatan ini merupakan kali kedua.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

HIKMATNYA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD S.A.W

Pelaksanaan peringatan Maulid Nabi tahun ini mengangkat tema ” Menumbuhkan dan rasa cinta mengenal kepribadian Agung Nabi Muhammad SAW”. Artinya menanamkan kemanapun mahasiswa pergi tetap mengingat teladan nabi. Peringatan kemaren sangat antusias dan meriah. Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan membuka acara tersebut. Selain itu mahasiswa dan civitas antusias menghadiri acara tersebut.

Kegiatan acara ini adalah membaca kitab Sirah Nabawiyah atau membaca sejarah Nabi Muhammad SAW dari pengutusan hingga wafat. Dari kitab Al- Barzanji karangan Sayyid Zainal ‘Abidin Ja’far sangat mendalam tentang perjuangan Nabi. Pesan moralnya kita mampu mensyukuri segala hal. Serta adanya sholawatan dan penutupan doa serta terakhir makan bersama dengan tumpengan. Dalam sejarahnya biasanya dengan nasi kebuli tetapi karena di Indonesia sehingga dengan nasi kuning sebagai simbol.

Harapan dari Mr li sebagai dewan pengarah mengharapkan kegiatan ini tidak hanya bagi kampus IPB Cirebon tetapi masyarakat sekitar juga.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR